• 021 31 118 118
  • info@idaqu.ac.id
  • Cipondoh, Tangerang, Banten
Berita Terkini
Dorong Sertifikasi Halal, HES IDAQU Adakan Kajian Hukum Jaminan Produk Halal

Dorong Sertifikasi Halal, HES IDAQU Adakan Kajian Hukum Jaminan Produk Halal

Prodi HES Institut Daarul Qur’an gelar kajian hukum dengan tema “Jaminan Produk Halal Bagi Pelaku UMKM di Kalangan Mahasiswa” (27/3). Acara tersebut dilaksanakan di secara daring online melalu zoom meeting dan dihadiri oleh seluruh sivitas akademika Institut Daarul Qur’an, dan dihadiri juga dosen dan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Dalam kajian hukum yang berlangsung kali ini, mengundang ahlinya dalam membahas tentang jaminan produk halal. Dimana materi ini disampaikan oleh Ibu Hindri Alfiani Wahyu Jannah, S.Sy. M.H. Selaku Penyelia Halal MUI dan juga Dosen di Universitas Muhammadiyah Cirebon.

Dalam sambutannya, Dr. Muhammad Anwar Sani, S.Sos.I. M.E selaku Rektor Institut Daarul Qur’an Jakarta mengatakan bahwa produk halal ini sangat penting dilakukan dalam kehidupan sehari, karena banyak pelaku usaha yang memang tidak tersertifikasi halal tetapi beredar di masyarakat.

Selain itu Ketua Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Institut Daarul Qur’an Jakarta, Bapak Hisyam Asyiqin, S.Sy. M.H. menyampaikan bahwa sebagai pelaku UMKM baik dari masyarakat ataupun dari mahasiswa harus memperhatikan aspek legalitas nya dalam membuat suatu produk, termasuk sertifikasi halal di dalamnya. Jangan sampai produk kita sudah beredar di masyarakat dan dikenal luas tetapi tidak tersertifikasi halal maka akan menimbulkan keresahan bagi konsumen khususnya masyarakat yang beragama islam.

Kajian hukum ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam pemahaman dan implementasi terhadap pelaku usaha yang belum mengajukan sertifikasi halal pada usahanya, karena dengan itu akan memberikan kontribusi kepada negara dalam upaya membangun ekonomi yang berkelanjutan di tengah arus globalisasi dan perdagangan bebas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *